24 Januari 2011

SURAT DARI PASURUAN


Gloria Ministry yang Peduli PAUD

Suatu hari dibulan Januari 2010, saya dihubungi oleh bapak Iwan Tessy (Ketua Chapter Malang). Awalnya itu hanyalah sebuah undangan untuk menghadiri peresmian Gloria Ministry Chapter Jember, namun kemudian berkembang menjadi sebuah informasi yang menggugah hati saya. Dari pak Iwan saya mengetahui tentang visi dan misi Gloria Ministry yang ternyata sejalan dengan kerinduan hati saya, yakni menolong anak-anak yang tidak mampu dalam pembiayaan sekolahnya.

Gloria Ministry mengemban Visi Amanat Agung Tuhan Yesus dalam Matius 28: 19-20, dan dari situ mencetuskan misi memberkati anak bangsa melalui bantuan beasiswa. Secara khusus bantuan diberikan kepada anak-anak yang tak mampu namun memiliki semangat untuk meraih cita-cita. Mereka tersebar diberbagai pelosok negeri ini, begitu informasi yang saya dengar tentang kegiatan pelayanan Gloria Ministry.


Mendengar penjelasan itu munculah semangat untuk turut menjadi berkat bagi anak bangsa melalui Gloria Ministry. Sehari setelah mendengar penjelasan pak Iwan, tepatnya tanggal 5 Januari 2010, bersama dengan suami (Budijanto Wihadiprasetio), saya  segera mengatur pertemuan khusus dengan bapak Tony Satrio berserta istri, ibu Thio Amelia Setyawati, yang saya tahu bahwa keduanya juga memiliki minat, semangat dan kerinduan yang sama dengan kami untuk menjadi berkat bagi anak bangsa.

Pertemuan di rumah bapak Tony menelurkan susunan calon pengurus Gloria Ministry Pasuruan. Saya sungguh bersyukur. Sebab sekalipun pak Tony seorang yang bergerak di bidang market place, dan saya sendiri seorang pelayan Tuhan, namun ternyata kami memiliki beban kerinduan yang sama sebagai anak-anakNya yang peduli terhadap sesama. Hari itu, dengan hati yang mantap kami menetapkan pak Tony sebagai Ketua Gloria Ministry Pasuruan, sementara posisi sekretaris ditempati bapak Budijanto Wihadiprasetijo, bendahara ibu Thio Amelia Setyowati, dan saya sendiri Pdm. Maya M. Wuysang di bidang misi. Kami dipercaya untuk melayani anak anak yang membutuhkan bantuan biaya pendidikan melalui Gloria Ministry Chapter Pasuruan yang secara resmi dilantik oleh Ketua Umum Gloria Ministry, dr. Roy Budiato Halim, Sp.B pada tanggal 21 Januari 2010.

Sejak diresmikan, kami terus bergerak menjangkau anak-anak di wilayah Pasuruan. Hingga sampai dengan bulan Desember 2010, jumlah anak yang kami bantu telah mencapai seratus satu anak. Puji Tuhan! Jumlah tersebut mencakup anak-anak di tingkat pendidikan Taman Kanak-kanak sampai dengan Sekolah Menengah Atas, dengan perincian sebagai berikut: TK 7 anak, SD 54 anak, SMP 20 anak, dan SMA 20 anak. Namun di luar itu ada tingkatan pendidikan lain yang berusaha kami tumbuh-kembangkan, yakni PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini.

Bersama dengan teman-teman di Chapter Pasuruan, saya mengusulkan untuk memberi parhatian pada anak-anak yang ada diusia 0-5 tahun. Alasanya sederhana saja, anak-anak diusia yang biasa disebut dengan istilah “Golden Age” ini cepat sekali menangkap segala hal yang didengar, dilihat dan diajarkan kepada mereka. Bahkan beberapa pengalaman mereka diusia ini akan mereka ingat sampai masa tuanya. Karena itu usia 0-5 tahun adalah usia yang sangat menentukan karakter seseorang. Di sinilah seorang anak perlu mendapat pendidikan yang layak dan baik bagi pengembangan karakter mereka.
Akhirnya, bulan Juli 2010 Gloria Ministry Pasuruan membuka PAUD Gloria, dengan visi “Menjadikan Anak Bangsa Cerdas dan Berkarakter”. Kami mohon dukungan doa untuk pelayanan ini, agar bisa menjangkau setiap anak Tuhan yang memang mebutuhkan bantuan.

Sebulan kemudian kami membuka Jaringan Doa Anak Gloria dengan Tujuan melatih anak anak sedini mungkin untuk cinta berdoa, berdoa bagi Bangsa dan Negara. Jaringan Doa Anak terdiri dari anak anak yang kami beri beasiswa, dan juga ada anak anak dari berbagai Denominasi Gereja yang rindu berdoa.

Apa yang kami lakukan hanyalah bagian yang terkecil. Dan kami terheran heran melihat apa yang Tuhan Kerjakan bagi kami di Gloria Ministry Pasuruan. Tuhan melakukan hal-hal yang diluar pemikiran kami. Betapa Tuhan Yesus Baik! Dia telah bekerja melalui anak-anakNya, yang mau berkorban, dan mau bergabung bersama kami untuk melayani dalam Kebersamaan; yakni Rekomendator yang berjumlah 18 orang (terdiri dari hamba-hamba Tuhan di Pasuruan, juga dari Kalangan Guru dan Profesional); para Donatur, yang saat ini berjumlah 20 orang yang memberikan tiap bulan dan jumlahnya bervariatif, dan ada juga beberapa donatur yang tidak tetap sewaktu waktu mereka menabur untuk GM Pasuruan. Tuhan memberikan pekerjaanNYA, Tuhan Juga yang memperkengkapi kami dan menyediakan segala yang kami butuhkan.

Tuhan Yesus memberkati

Pdm. Maya Maerla Wuysang
Gloria Ministry Pasuruan

1 komentar:

Tambahkan Komentar :

Kami ingin mendengar Komentar Anda! Tambahkan komentar atau pemikiran Anda untuk berbagi pengalaman pribadi Anda, yang akan membantu orang lain yang tertarik pada artikel ini.

Catatan: Komentar pada halaman ini tidak akan dipublikasikan untuk diskusi umum.

Harap jangan komentari artikel ini jika Anda tidak memiliki pemikiran/pengalaman pribadi dengan artikel ini.

Untuk pertanyaan atau diskusi yang lebih lanjut tentang artikel ini, silahkan posting di Forum Diskusi kami.

Urutan Komentar: Pertama dan seterusnya, Yang Terbanyak, Yang bermanfaat.