11 Desember 2017

CHAPTER JAKARTA: MENAMBAH ILMU DI SANGGAR EDUKASI GLORIA MINISTRY

Pendidikan merupakan bagian penting dalam upaya membangun bangsa. Menyiapkan generasi muda terdidik merupakan rangkaian awal demi terwujudya masa depan bangsa yang berkualitas. Menyadari betapa penting dan peran pendidikan untuk masa depan bangsa, pemerintah terus mengusahakan kenaikan  anggaran pendidikan sebesar 20 % dari total APBN setiap tahunnya. Semua itu dikerjakan untuk mengejar ketertinggalan dalam dunia pendidikan dibanding dengan Negara-negara lain yang menyelenggarakan pendidikan lebih baik.
Lembaga pendidikan non formal juga tidak kalah penting. Dibanyak tempat tumbuh lembaga kursus atau bimbingan belajar dari tingkat Taman Kanak-Kanak sampai Perguruan Tinggi atau lembaga kursus yang sekedar memberi tambahan pendidikan untuk mengejar Ulangan Umum atau Test masuk pendidikan. Lembaga pendidikan formal dan informal terselenggara demi maju dan berkembangnya pendidikan di Indonesia.

sebagai Lembaga pendidikan yang concern dibidang pendidikan chapter Jakarta mulai menapaki bidang pendidikan yang lebih riil. Selain Rumah Pendidikan yang sedang dipersiapkan di Kasongan Kalimantan Tengah, Chapter Jakarta sejak bulan September 2017 telah menyelenggarakan sarana pendidikan yang diberi nama Sanggar Edukasi Gloria Ministry.  Diresmikan pada tanggal 4 September 2017  tempat belajar tersebut berlokasi di Sukapura Cakung-Jakarta Timur, sebuah tempat yang padat penduduk dan banyak anak usia sekolah dengan dua kelas pelajaran yaitu kelas Bahasa Inggris dan kelas Matematika. Jadwal belajar untuk ke dua kelas sudah di tentukan sedemikian rupa sehingga anak–anak merasa nyaman dalam mengikuti kegiatan di Sanggar. Dibawah bimbingan dua orang guru bidang studi dibantu satu orang asisten Chapter Jakarta siap menunjang pendidikan luar sekolah untuk anak-anak di Sanggar.


Selain pemberian tambahan mata pelajaran yang berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah terjadwal, para anak didik sanggar juga menerima makanan sehat yang diberikan secara berkala. Uniknya lagi pemberian makanan sehat tersebut diberikan secara acak tiap 2 minggu. Hal tersebut dilakukan untuk merangsang semangat dan kedisiplinan peserta didik untuk rajin datang belajar.

Atas saran dari Benny Sadeli (pengurus Board Nasional) pada tanggal 10 Nopember 2017 menghadirkan bule disanggar tersebut. Adalah Mr. Marcell Kanon seorang hamba Tuhan dari New Zealand datang menemui anak-anak Sanggar sekaligus  memotivasi anak –anak untuk serius belajar bahasa Inggris. Menurut hamba Tuhan yang beristrikan orang Indonesia ini banyak orang yang bisa bahasa Inggris tetapi tidak berani berinteraksi langsung dengan bule. Kehadiran  Mr. Kanon adalah untuk mengingatkan dan memotivasi kepada anak-anak agar mereka tidak takut untuk berbahasa Inggris. Dalam suasana serius santai  Mr. Kanon berinteraksi dengan anak – anak memakai bahasa Inggris bercampur bahasa Indonesia. Anak –anak sangat senang  mengikuti setiap percakapan tersebut dan lambat laun mereka tidak takut untuk menjawab setiap pertanyaan dengan bahasa Inggris yang diajukan oleh guru tamu tersebut.

Kunjungan tersebut membuat anak –anak termotivasi bahwa untuk belajar tidak boleh takut salah dan harus berani berbicara.  Setelah sekitar 90 menit bapak Marcell mengajar dan memotivasi pertemuan tersebut diakhiri. Selain berfoto bersama sebagai kenang-kenangan anak-anak juga berebut menyodorkan buku untuk ditandangani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tambahkan Komentar :

Kami ingin mendengar Komentar Anda! Tambahkan komentar atau pemikiran Anda untuk berbagi pengalaman pribadi Anda, yang akan membantu orang lain yang tertarik pada artikel ini.

Catatan: Komentar pada halaman ini tidak akan dipublikasikan untuk diskusi umum.

Harap jangan komentari artikel ini jika Anda tidak memiliki pemikiran/pengalaman pribadi dengan artikel ini.

Untuk pertanyaan atau diskusi yang lebih lanjut tentang artikel ini, silahkan posting di Forum Diskusi kami.

Urutan Komentar: Pertama dan seterusnya, Yang Terbanyak, Yang bermanfaat.