15 Juni 2017

Cerita Visit Rekomendator Jabodetabek


Senin, 24 April 2017 adalah hari yang panjang bagi kami Tim Visitasi Chapter Jakarta. Semenjak pagi kendaraan roda dua kami sudah menyusuri jalanan dari Jakarta menuju Tangerang. Cukup panjang rute yang akan dijelajahi hari ini. Meski demikian sepercik semangat masih melekat di bathin kami, memberi tenaga untuk mengunjungi beberapa Rekomendator GM Chapter Jakarta yang melayani di Tangerang.

Diawali dari kediaman Jonathan Suharno di Komplek Duren Villa Ciledug. Natanael, satu-satunya anak penerima beasiswa yang juga anak kandung Rekomendator Jonathan Suharno sungguh bersyukur atas kemurahan hati Donaturnya yang selama ini setia memberi dukungan beasiswa. Dengan dukungan tersebut, ia bisa fokus pada studinya dan memperoleh hasil yang sangat baik; peringkat pertama dikelas, dan juara umum II di sekolah.

Ada rasa bangga yang ‘kecil’ menyelinap dihati saat mendengar cerita prestasi Natanael. Bangga karena Gloria Ministry memiliki donatur yang setia mendukung program beasiswa, dan juga bangga pada anak-anak yang memiliki semangat belajar. Tetapi juga sekaligus merasa merasa kecil; ya, kecil. Mengingat masih banyak Natanael-Natanael lain yang perlu kami jangkau hingga pelosok Nusantara ini.

Kami melanjutkan perjalanan ke daerah Pasar Kemis, bermaksud menjumpai anak-anak penerima beasiswa yang di rekomendasikan Thomas Nanlohy. Tetapi rupanya saat itu mereka sedang mengikuti Seminar Narkoba sehingga perkunjunganpun dilanjutkan menuju Taman Balaraja, bertemu dengan Arico Manengke dan anak-anak asuhnya.

Di Taman Balaraja kami berbincang cukup lama. Bahkan sempat diajak mengunjungi satu keluarga –anggota jemaat yang anak-anaknya menerima bantuan beasiswa dari Gloria Ministry– untuk mengetahui keadaan mereka di lapangan, sambil menampung saran dan kritik yang mungkin saja ingin mereka sampaikan kepada Gloria Ministry. Dan tidak terasa senja mulai mengintip di tengah keasyikan kami berbincang.
Waktu sudah menunjukkan pukul 16.00, kami masih akan menuntaskan perkunjungan. Tinggal dua Rekomendator lagi yakni Ester Rosalinda Purba dan Samson Sigiro.

Ester Rosalinda pribadi yang cukup aktif dalam kegiatan pelayanan dan pendidikan. Bahkan rumahnya adalah tempat penyelenggaraan Kelompok Kabar Baik (KKB), yang mengadakan pelatihan-pelatihan bagi para pengajar Sekolah Minggu. Meski sibuk, ia masih sempatkan waktu untuk menemui kami hari itu. Perbincangan kami tak lama, namun kami menerima saran-saran yang cukup baik darinya, khususnya dalam mengembangkan pelayanan Gloria Ministry yang lebih efektif dan tepat sasaran.

Jelang malam, kami tiba di tempat terakhir, Samson Sigiro. Di sini kami bertemu dengan anak-anak penerima beasiswa. Seorang anak bernama Feby Natali diperkenalkan kepada kami saat itu. Ia direkomendasikan oleh Samson Sigiro oleh karena kehidupan perekonomian keluarganya yang memang membutuhkan bantuan. Ibu dan adiknya bekerja sebagai buruh lepas untuk memotong karet alas sepatu. Lalu ada juga Yesaya Boanerges, anak kandung Samson Sigiro. Yesaya menarik perhatian kami karena bakatnya memainkan alat musik gitar dan keyboard yang cukup apik. Diusianya yang masih 10 tahun (duduk dikelas IV SD) kemampuannya itu layak diacungkan jempol. Kami menyaksikannya sendiri saat ia mengiringi doa dan pujian sewaktu kami menutup perkunjungan hari ini.


Mungkin bantuan yang Gloria Ministry tidak seberapa, tetapi melihat semangat anak-anak dan rekomendator hari ini, kami percaya bahwa sebuah tindakan peduli kepada sesama tidak dinilai dari banyak atau sedikitnya, tetapi dari hati yang tulus. Itulah torehan kesan dari perjalanan yang panjang nan melelahkan, sekaligus juga memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tambahkan Komentar :

Kami ingin mendengar Komentar Anda! Tambahkan komentar atau pemikiran Anda untuk berbagi pengalaman pribadi Anda, yang akan membantu orang lain yang tertarik pada artikel ini.

Catatan: Komentar pada halaman ini tidak akan dipublikasikan untuk diskusi umum.

Harap jangan komentari artikel ini jika Anda tidak memiliki pemikiran/pengalaman pribadi dengan artikel ini.

Untuk pertanyaan atau diskusi yang lebih lanjut tentang artikel ini, silahkan posting di Forum Diskusi kami.

Urutan Komentar: Pertama dan seterusnya, Yang Terbanyak, Yang bermanfaat.